Masalah, ruang keadaan dan pencarian (Kecerdasan Buatan)
Komputasi konvensional vs komputasi cerdas
Komputasi konvensional : Kita memerintahkan komputer bagaimana menyelesaikan masalah secara terstruktur step by step sampai komputer menyelesaikan suatu masalah. Didalam komputasi konvensional terdapat suatu algoritma yang tersusun jelas dan diterapkan pada komputer
Komputasi cerdas : Didasarkan pada representasi dan manipulasi simbol, kalau pakai komputasi cerdas kita menggunakan representasi simbol (bisa berupa huruf, kata , bilangan yang menggambarkan suatu objek (benda/ide/peristiwa)) didalam komputasi cerdas, algoritma masih digunakan contohnya pada AI (bisa melakukan penalaran dan menarik kesimpulan berdasarkan pengalaman)
Misalnya pada saat menguplod foto difacebook maka sistem akan menanyakan 'Apakah diri ini adalah anda?' jadi facebook sudah masuk kedalam AI hal itu dilakukan dengan teknik pelacakan, searching dan pencocokan pola
Didalam sistem komputasi cerdas hampir semuanya bermain gambar atau pola, didalam HP anda terdapat fitur pengenalan sidik jari (ini yang disebut pencocokan pola) bahkan beberapa perusahaan untuk absensinya sudah menggunakan sidik jari. Dari informasi awal, sistem AI akan mencari pola-pola didalam database sesuai kriteria yang dimilikinya
Bagaimana cara kita membangun sebuah sistem?
Saat membangun sistem pastinya kita akan berhadapan dengan Masalah, ruang keadaan dan pencarian
Untuk membangun sebuah sistem yang dapat menyelesaikan suatu masalah intinya ada 3 tahapan yang perlu diperhatikan yaitu
1. Mendefinisikan ruang masalah
Untuk masalah yang dihadapi seperti spesifikasi, kondisi awal, solusi yang diharapkan.
2. Mendefinisikan aturan produksi
Membuat aturan produksi yang digunakan untuk mengubah dari stage ke stage lainnya. Kita harus mendefinisikan aturan produksi (pengertian: semua kemungkinan yang bisa terjadi)
3. Memilih metode yang tepat (solusi)
Sehingga menemukan solusi terbaik dengan usaha yang minimal
Ruang masalah, dalam membangun sistem berbasis AI adalah bagaimana mengkonversikan situasi yang diberikan kedalam situasi yang lain yang di inginkan menggunakan sekumpulan operasi tertentu
Saya mau mencari rute terdekat dari kampus UNP menuju tempat pelayanan publik paling dekat, jenis pelayanan publik ada banyak sekali meliputi rumah sakit, kantor polisi, kantor kecamatan , kelurahan dsb nah kita bisa batasi pelayanan publik untuk rumah sakit
Kita mencoba membuat sistem rute terpendek untuk kasus kecelakaan yang menunjukkan letak rumah sakit dan kantor polisi terdekat
Contoh lain saat membuat aplikasi kalkulator sederhana dimana 1+1 = 2 , bagaimana caranya agar 1 bisa ditambah dengan semua angka sehingga kita memakai banyak variabel. Didalam AI dia akan merubah sekumpulan operasi berupa simbol dan lainnya
Definisikan masalah berikut:
Terdapat 2 ember air yang satu berkapasitas 8 liter dan satunya 6 liter
Pertanyaan: Bagaimana kita mengisikan tepat 4 liter kedalam ember 8 liter?
Kita buat dulu deskripsinya, kalau ingin membangun sebuah sistem kita definisikan dulu masalahnya
1. Mendefinisikan ruang masalah
Saya punya masalah 2 ember yaitu 8liter dan 6liter bagaimana saya mendapatkan 4 liter dari ember 6 liter?
2. Mendefinisikan aturan produksi
Semua kemungkinan yang terjadi, kita buat 6 aturan;
a. Isi penuh ember 8liter
b. Isi penuh ember 6liter
c. Tuang ember 8liter ke 6liter
d. Tuang ember 6liter ke 8liter
e. Kosongkan ember 8liter
f. Kosongkan ember 6liter
3. Mencari solusi
a. Isi penuh ember 8liter (8,0)
b. Tuang ember 8liter ke 6liter (2,6)
c. Kosongkan ember 6liter (2,0)
d. Tuangkan ember 8liter ke 6liter (0,2)
e. Isi penuh ember 8liter (8,2)
f. Tuang ember 8liter ke 6liter (4,6)
Goal ember A 4 liter
Cara lain?
a. Isi penuh ember 6liter (0,6)
b. Tuangkan ember 6liter ke 8liter (6,0)
c. Isi penuh ember 6liter (6,6)
d. Tuangkan ember 6liter ke 8 liter (8,4)
e. Kosongkan ember 8liter (0,4)
f. Tuangkan ember 6liter ke 8liter (4,0)
Goal ember A 4 liter
Definisikan masalah berikut:
Seorang petani akan menyeberangkan seekor kambing, seekor serigala dan sayuran dengan sebuah perahu melalui sungai
Perahu hanya bisa memuat petani dan satu penumpang lain
Jika petani menyeberangkan serigala lebih dulu maka sayuran dimakan kambing
Jika petani menyeberangkan sayuran lebih dulu maka kambing dimakan serigala
Baca juga: Sejarah kecerdasan buatan
Jawab, keadaan awal
Daerah asal (1,1,1,1)
Daerah seberang (0,0,0,0)
Tujuan
Daerah asal (0,0,0,0)
Daerah seberang (1,1,1,1)
Aturan produksi
1. Petani menyeberangkan kambing
2. Petani menyeberangkan sayuran
3. Petani menyeberangkan serigala
4. Kambing kembali
5. Sayuran kembali
6. Serigala kembali
7. Boat kembali
Mencari solusi:
1. Petani menyeberang bersama serigala
2. Petani kembali sendiri
3. Petani menyeberang bersama sayuran
4. Petani kembali sendiri
5. Petani menyeberang bersama kambing
2 kendi dalam keadaan kosong masing-masing berkapasitas 4 galon air (a) dan 3 galon air (b), bagaimama agar kendi b berisi 2 gallon air
Aturan;
1. Kendi A di isi penuh
2. Kendi B di isi penuh
3. Kendi A dituang ke galon B
4. Kendi B dituang ke galon A
5. Kendi A dikosongkan
6. Kendi B dikosongkan
Solusi;
1. Kendi A di isi penuh (4,0)
2. Kendi A dituang ke Kendi B (1,3)
3. Kendi B dikosongkan (1,0)
4. Kendi A dituang ke Kendi B (0,1)
5. Kendi A di isi penuh (4,1)
6. Kendi A dituang ke Kendi B (2,3)
7. Kendi B dikosongkan (2,0)
8. Kendi A dituang ke Kendi B (0,2)
Goal Kendi B berisi 2 galon
www,helmynia.com
Posting Komentar untuk "Masalah, ruang keadaan dan pencarian (Kecerdasan Buatan)"
Posting Komentar
Artikel di blog ini bersumber dari pengalaman pribadi penulis, tulisan orang lain sebagai posting tamu maupun bayaran oleh sebab itu segala hak cipta baik kutipan dan gambar milik setiap orang yang merasa memilikinya